Rabu, 01 Mei 2013

Cara Instal Font Pada Komputer


Fonts bawaan (default) Windows Xp atau Windows 7 sangat terbatas baik dari segi jumlah maupun variasinya. Serta terkadang kurang menarik terutama bagi sobat blogger yang suka berkreasi dengan berbagai jenis font dalam pembuatan tugas sekolah, tugas kuliah atau pekerjaan kantor maupun bagi sobat blogger yang berkecimpung dalam bidang disain grafis. Fonts pada Windows Xp atau Windowa 7 dapat ditambah agar fonts di komputer sobat lebih banyak dan lebih bervariasi. Kita dapat mencari serta mendownload berbagai jenis fonts di internet melalui Search Engine atau Situs Pencari Google. Terdapat banyak sekali website atau blogg penyedia layanan download fonts baik secara gratis maupun berbayar. Berikut beberapa website atau blogg penyedia layanan download fonts secara gratis :

http://fontzone.net/

atau sobat blogger dapat mendownload berbagai jenis fonts melalui blog saya ini dengan mengklik menu Fonts atau klik tautan berikut : http://trsmp3z21.blogspot.com/2013/05/blog-post_3.html

Melalui berbagai website di atas, kita dapat mendownload sepuasnya berbagai jenis fonts yang kita sukai. Setelah fonts selesai di download, maka akan timbul pertanyaan yaitu : bagaimana cara agar fonts tersebut dapat digunakan atau dengan kata lain bagaimana cara menginstal fonts tersebut di komputer atau laptop sobat blogger? Kebanyakan dari kita sudah mengetahui bagaimana cara menginstal fonts di komputer atau laptop, akan tetapi tentu masih ada yang belum mengetahuinya. Untuk itu saya mau berbagi tips bagaimana cara menginstal fonts di komputer atau laptop. Semoga artikel ini bermanfaat bagi sobat blogger.

Berikut langkah - langkah cara menginstal fonts di komputer atau laptop :
Cara I :
1.       Apabila format file fonts berekstensi Rar atau Zip atau dengan kata lain file fonts di archive, ekstrak file fonts terlebih dahulu lalu kumpulkan koleksi font sobat blogger dalam 1 folder agar lebih mudah dalam proses instalasi fonts.
2.        Buka Jendela Control Panel (klik Start pada Taskbar, lalu pilih Control Panel.
 


 Gbr 1

3.    Cari icon Fonts, apabila icon Fonts tidak tampak, klik “Switch to Classic View” sehingga jendela  Control Panel akan berubah tampilan menjadi tampilan klasik seperti gambar berikut :



 Gbr 2

4.       Klik 2x (double click) icon Fonts, maka akan tampil semua jenis Font yang terinstal di komputer sobat blogger.


 Gbr 3

5.        Langkah selanjutnya yaitu klik File => Install News Fonts. 
Gbr 4

6.        Kemudian pada combobox Drive cari lokasi folder koleksi fonts sobat blogger yang akan diinstal. Selanjutnya pada listbox List of fonts akan tampil nama file fonts yang terdapat pada folder fonts koleksi sobat blogger. Klik Select All, lalu klik OK. 
Gbr 5
7.        Kemudian proses instalasi akan segera berlangsung. Tunggu beberapa saat hingga proses instalasi selesai.

8.        Setelah proses intalasi selesai, sobat blogger dapat mengecek apakah koleksi fonts sobat blogger telah terinstal atau belum dengan membuka aplikasi seperti Microsft Office atau aplikasi lainnya .

Cara II
a.        Ikuti Langkah di atas mulai langkah 1 s/d langkah 4 serta biarkan jendela Fonts terbuka
b.        Buka Jendela Windows Explorer baru, lalu cari lokasi folder koleksi fonts sobat blogger.
c.         Seleksi semua file fonts yang terdapat di dalam folder koleksi fonts sobat blogger (Ctrl + A) lalu lalu kanan kemudian pilih Copy. File fonts biasanya berekstensi TTF,TTC,PFM dan OTF.
d.        Masuk ke jendela Fonts, kemudian klik kanan pada area kosong lalu pilih Paste. Intinya adalah : file fonts yang ada di dalam folder koleksi fonts sobat blogger di Copy Paste (copas) ke dalam jendela Fonts.
e.        Proses instalasi akan segera berlangsung. Tunggu hingga proses instalasi berakhir lalu cek apakah fonts sudah terinstal atau belum.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pos kan komentar anda !