Selasa, 11 Desember 2012

Cara Mengatasi Anti Klik Kanan (Anti Right Klick)

Kebanyakan dari kita mungkin pernah menemukan situs atau blogg yang tidak memperbolehkan pengunjungnya melakukan klik kanan (right click)..! Pemilik situs mungkin bermaksud agar isi / konten dalam situs / bloggnya tidak dibajak dan disalahgunakan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab atau digunakan untuk tujuan komersial tanpa terlebih dahulu meminta izin kepada yang bersangkutan. Artikel ini dibuat bukan untuk membantu orang untuk melakukan pembajakan isi / kontent suatu situs / blogg. Penulis berharap pengunjung melakukan pertimbangan sebelum menggunakan teknik ini dan selalu lampirkan sumbernya alias sumber data yang kita copy.

Anti klik kanan untuk membuka tautan di tab baru (open link in new tab) dapat dilakukan dengan menekan tombol CTRL sambil ditahan lalu klik link yang dimaksud ( CTRL+ klik ). Sedangkan anti klik kanan untuk untuk menghindari copy - paste pada situs / blogg caranya cukup gampang. Hal yang perlu dilakukan adalah men-disable-kan javascript pada browser yang Anda gunakan untuk membuka web/blogg yang menggunakan script/plugin anti klik-kanan. Untuk Firefox, dapat dilakukan dengan cara :

Klik menu Tools => Options, pilih tab Content, lalu hilangkan tanda checklist ( √ ) pada checkbox Enable JavaScript kemudian klik OK seperti pada gambar berikut :






Akan tetapi engan men-disable javascript maka beberapa fungsi seperti Reply Comment jika menggunakan Plugin WP Thread Comment menjadi tidak berfungsi. Untuk mengatasinya, gunakan cara berikut :

Klik menu Tools => Options, pilih tab Content – Advanced, lalu hilangkan tanda checklist ( √ ) pada checkbox Disable Or Replace Context Menus seperti terlihat pada gambar berikut :



1. Dengan menggunakan cara ini, Anda bisa melakukan klik kanan serta JavaScript tetap berfungsi.

Untuk Web Browser Opera dapat dilakukan dengan menekan F12, lalu hilangkan tanda checklist ( √ ) pada checkbox Disable JavaScript seperti gambar terlihat pada gambar berikut :


Sedangkan untuk Internet Explorer adalah dengan meng-klik menu Tools => Internet Option, lalu pilih tab Advanced - di submenu Browsing lalu hilangkan tanda checklist ( √ ) pada checkbox Enable Website To Use The Search Pane* kemudian klik OK.



Tag : Cara Mengatasi Anti Klik Kanan (Anti Right Klick)

Related Post : Cara Menampilkan / Memunculkan File Yang Disembunyikan Virus

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pos kan komentar anda !